belajar linux

BELAJAR LINUX oleh Bambang Karyadi

A. Mengenal Linux

LINUX merupakan salah satu sistem operasi (Operating System) yang perlu dipelajari bagi mereka yang ingin belajar/menjadi seorang Administrator Jaringan. Server yang saat ini digunakan hampir dalam jumlah besar menggunakan Linux sebagai Sistem Operasi Jaringannya.

Sebelum kita memulai mempelajari Linux lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu Sistem Operasi Linux itu sendiri.

Pada tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Developer bahasa C) yang tergabung dalam penelitian di AT&T Bell Laboratorium Amerika, membuat sistem operasi Unix yang menjadi cikal bakal lahirnya GNU/Linux. Dari hasil penelitian ini, Unix menjadi perhatian khusus, sebabnya sistem operasi pertama yang dibuat bukan oleh hardware maker. Karena semua source-codenya berasal dari bahasa C yang memudahkan untuk digunakan di berbagai platform. 

Seiring perkembangannya pada saat itu, Unix berkembang dengan pesat, kemudian terpecah menjadi dua aliran yaitu Unix yang dikembangkan oleh Universitas Berkeley dan Unix yang dikembangkan oleh AT&T.

B. Persiapan Belajar Linux

Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk belajar Linux, yaitu :

  • Panduan -> Panduan ini dapat menggunakan buku-buku yang mengulas bagaimana menggunakan Linux atau artikel yang telah disediakan di Internet.
  • Alat/Bahan yang diperlukana -> Sistem Operasi Linux dalam seri Belajar Linux ini kita akan menggunakan Distro Linux Ubuntu yaitu Linux Lite (silahkan download disini).

C. Referensi

Sudibyo, Hari & Mandahadi. Langkah Mudah Menguasai Linux Slackware 10. Yogyakarta, Penerbit: ANDI. 2005